Peran ROH Kudus dalam Hidup anda!

on Rabu, 26 Mei 2010

Peran Roh Kudus

Dasar Injil diambil dalam Yohanes 14:15-18,
Tertulis demikian :
“Aku akan meminta kepada BAPA, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, Yaitu ROH Kebenaran”

Secara Alkitabiah tertulis ada 6 peristiwa penting yang akan dan sudah terjadi :
1. Kelahiran Yesus
2. Kematian Yesus
3. Kebangkitan Yesus
4. Kenaikan Yesus ( Terangkat ke Sorga )
5. Penyertaan Roh Kudus
6. Kedatangan Yesus kedua kalinya.

Selanjutnya, para Theolog-Theolog menjabarkan bahwa Zaman Kehidupan dibagi atas 3 Frase, Yaitu :
1. Zaman Allah BAPA
Terjadi Sejak Penciptaan sampai dengan Yesus lahir
2. Zaman Allah Anak
Terjadi Sejak Zaman Yesus lahir sebagai manusia sampai dengan kematian Yesus, dan Terangkatnya Yesus ke sorga.
3. Zaman Allah ROH
Terjadi sejak pencurahan ROH pertama kali zaman kisah para rasul, sekarang dan berakhir saat Yesus datang kedua kali, untuk mengenapi Injil.

Belakangan hari ini saya terus merenungkan tentang injil ini dan tentang pengenapan dari ROH itu sendiri, dan saya mencatat ada beberapa poin yang menjadi peran ROH kebenaran didalam hidup setiap kita yang menerima Yesus.

Peran dan Fungsi ROH Kudus :

1. Sebagai Penolong dan Menyertai

Peran ROH kudus yang pertama sebagai penolong, dia yang menolong anda dan saya,
Dan menyertai dimanapun dan kapanpun anda berapa, ROH itu yang akan selalu menjadi penghibur karena ROH itu yang tau anda secara seutuhnya, karena ROH yang ada didalam anda dan ROH yang menyertai anda berasal dari satu sumber yaitu ROH BAPA.

Tidak ada yang mengetahui cara terbaik untuk menghibur anda selain ROH Bapa yang ada didalam anda.!

Kenapa Yesus harus terangkat ke Sorga? Kenapa Yesus gak di bumi aja?

Dalam Injil tertulis :

Yoh. 8:23
Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini.

Yoh. 17:14
Aku telah memberikan firman-Mu (BAPA) kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia.

Yoh. 15:19
Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.

Yoh. 14:3
Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.

Yoh. 8:36
Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamupun benar-benar merdeka."

Yoh. 16:7
Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.

Yoh 14:17
yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Yoh. 15:26
Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.

Yoh. 5:32
ada yang lain yang bersaksi tentang Aku dan Aku tahu, bahwa kesaksian yang diberikan-Nya tentang Aku adalah benar.

Yoh. 14:6
"Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”

Hanya ada 1 jawabannya, bahwa anda dan saya bukan berasa dari dunia, tetapi kita berasal dari Sorga!, saat manusia pertama, adam berdosa manusia kehilangan haknya,
dan Yesus datang untuk menjadi Korban Perdamaian buat anda dan saya, Yesus yang berkorban juga, Ia yang mengembalikan hak anda dan saya sebagai warga Sorga, dan Yesus ke Sorga untuk mempersiapkan Rumah buat anda dan saya, saat Rumah itu selesai, maka Ia akan datang kembali untuk membawa anda dan saya ke tempat dimana kita berasal, yaitu di Sorga.

Ingatlah masalah memang dapat membuat anda stress tetapi masalah tidak akan membuat anda depresi karena ROH selalu punya cara yang tidak pernah terpikir oleh anda untuk menghibur anda. :)..

2. Tuhan tinggal didalam kita melalui ROH Kudus dan memberikan kita keberanian!

Dalam Injil dijelaskan dalam kisah Petrus yang menyangkal Yesus 3x, saat itu Yesus berkata kepada para murid bahwa Ia akan diserahkan untuk disalib sesuai dengan nubuat Yohanes pembaptis sebelum Yesus lahir.

Mat. 26:34
Yesus berkata kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya malam ini, sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali."

Mrk. 14:30
Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada hari ini, malam ini juga, sebelum ayam berkokok dua kali, engkau telah menyangkal Aku tiga kali."

26:71
Ketika ia pergi ke pintu gerbang, seorang hamba lain melihat dia dan berkata kepada orang-orang yang ada di situ: "Orang ini bersama-sama dengan Yesus, orang Nazaret itu."

Mat. 26:69
Sementara itu Petrus duduk di luar di halaman. Maka datanglah seorang hamba perempuan kepadanya, katanya: "Engkau juga selalu bersama-sama dengan Yesus, orang Galilea itu."

Mat. 26:73
Tidak lama kemudian orang-orang yang ada di situ datang kepada Petrus dan berkata: "Pasti engkau juga salah seorang dari mereka, itu nyata dari bahasamu."

Mat. 26:74
Maka mulailah Petrus mengutuk dan bersumpah: "Aku tidak kenal orang itu." Dan pada saat itu berkokoklah ayam.

Yoh. 13:38
Jawab Yesus: "Nyawamu akan kauberikan bagi-Ku? Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali."

Mat. 26:75
Maka teringatlah Petrus akan apa yang dikatakan Yesus kepadanya: "Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali." Lalu ia pergi ke luar dan menangis dengan sedihnya.

Petrus adalah orang pertama yang mengakui bahwa Yesus adalah Mesias, dan Petrus jugalah yang menyangkal Yesus saat Yesus diserahkan.

Alkitab menjelaskan bahwa petrus menyangkal Yesus, petrus menolak Yesus, dan Yesus tau bahwa Petrus seorang pecundang sehingga saat Petrus berkata bahwa ia akan mati bersama Yesus, saat itu juga Yesus menegor dengan keras bahwa petrus akan menyangkal Yesus!

Yesus yang tau kelemahan petrus, Yesus juga yang tau tentang kelemahan anda dan saya, Yesus tau daging ini lemah dan terbatas, sehingga Yesus menjanjikan ROH Kudus, ROH yang menyertai dimanapun kita berada, ROH yang memampukan kita untuk tetap dalam Kebenaran Iman, dan ROH itu juga yang berdoa dengan doa-doa yang tidak terucapkan karena kita tidak tau bagaimana berdoa.

Kebenaran Injil menuliskan banyak tentang kesaksian Petrus, perubahan dari seorang Petrus yang menyangkal Yesus menjadi seorang Petrus yang mati bagi nama Yesus, Kalau Yesus mati dengan posisi kepala diatas kaki dibawah, maka Petrus mati dengan posisi kepala dibawah kaki diatas.

Sejarah Alkitab menjelaskan sebelum Petrus dipilih untuk menjadi salah dari kedua belas murid Yesus, Simon Petrus adalah seorang nelayan, Petrus adalah nama pemberian dari Yesus, Petrus terkenal karena banyak kitab yang ditulis olehnya salah satunya adalah Kitab Yohanes, tentang perjamuan suci dan tentang ROH kudus.

Yoh. 1:42
Ia membawanya kepada Yesus. Yesus memandang dia dan berkata: "Engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas (artinya: Petrus)."

Yoh. 21:15
Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku."

3. ROH Kudus diam didalam kita, melindungi kita dari segala bahaya celaka.

Dasar kebenaran Injil terdapat di :


Rm. 8:26
Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

Ada suatu kesaksian tentang ini,

Di makassar ada seorang ibu bernama maria, suatu hari sepulang dari kantor seperti biasa ia naik kendaraan umum untuk bisa pulang ke rumahnya, dan saat itu ternyata sedang terjadi kerusuhan, kendaraan yang ditumpangi ibu maria itu dicegat oleh para perusuh, dan para penumpang pada turun, tetapi ibu maria tidak turun dan karena supirnya takut mobilnya dirusak maka ia memaksa ibu maria untuk turun dari mobilnya, tetapi saat itu ada suara kepada ibu maria “Tutup matamu dan berdoalah didalam ROH” saat itu ibu maria melakukan apa yang didengarnya, ternyata saat ibu maria berdoa dalam ROH, perusuh itu masuk dan menusuk leher ibu maria dengan pisau, tetapi anehnya pisau itu tidak dapat menembus leher ibu maria, dan karena takut akhirnya perusuh itu kabur dan meninggalkan ibu maria didalam mobil.

Berdasarkan kesaksian ibu maria, bahwa ia tidak sadar bahwa ada yg mau membunuh dirinya dan ibu maria hanya berasa lehernya ada yg menyentuh.

Luar biasa! Ini adalah kesaksian tentang penyertaan ROH Kudus.

Mat. 10:20
Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu.

Mrk. 13:11
Dan jika kamu digiring dan diserahkan, janganlah kamu kuatir akan apa yang harus kamu katakan, tetapi katakanlah apa yang dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga, sebab bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Kudus.

4. Memberikan Karunia ROH.

Dasar Injil terdapat didalam :

Kis. 2:38

"Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.”

Baptis adalah pertukaran seperti Salib memiliki arti sebuah pertukaran, artinya Hidupmu bukan milik kamu lagi, memang Tubuh masih tubuhmu, tetapi ROH Bapa dan kemuliaan Yesus yang ada padamu.

Jadi setiap kita perlu untuk dibaptis, dengan cara yang benar oleh orang yang benar karena baptisan yang benar adalah baptisan Yohanes, dan dalam Injilpun juga dijelaskan bahwa ahli taurat pun mengakui baptisan Yohanes berasal dari Allah.

1Kor. 12:4
Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh.

1Kor. 12:9
Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan.

1Kor. 12:10
Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu.

1Kor. 12:11
Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.

1Kor. 12:8
Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan

ROH Kudus tidak pernah kehabisan stok karunia ROH untuk diberikan kepada setiap kita, ROH Kudus tau dengan sangat apa yang menjadi kelemahan dan kelebihan setiap kita, jadi ROH tidak pernah salah memberikan karunianya kepada anda dan saya karena ROH itu tinggal didalam kita, ROH itu menyatu dengan kita, dan ROH itu yang memampukan kita untuk bisa hidup sesuai dengan karakter Kristus, Martir Kita.

Tuhan menciptakan kita itu ORIGINAL, kita asli ciptaan Tuhan, diciptakan unik tidak ada yang 100% sama. Anda diciptakan dengan Ciri Khas anda sendiri dan kelebihan anda mungkin kelemahan teman anda jadi jangan pernah berkecil hati karena apa yang menjadi kelebihan anda itu belum tentu mampu dikerjakan oleh orang lain

Dan kalau pun ada mungkin kesamaan anda dan saya adalah kita sama-sama milik Allah dan untuk memuliakan Allah. :)..

Kedua, Karunia bahasa ROH dasarnya dari Injil :

Kis. 2:4
Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

Kis. 19:6
Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.

1Kor. 14:4
Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat.

1Kor. 14:2
Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah. Sebab tidak ada seorangpun yang mengerti bahasanya; oleh Roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia.

Dalam Injil dijelaskan bahwa saat pencurahan Roh kudus, Kita bisa berkata-kata didalam bahasa yang baru, yaitu bahasa ROH, dan bahasa ini yang terus menerus menjadi problem didalam kalangan kristen.

Ada beberapa kelompok yang menekankan berbahasa ROH sebagai tanda bahwa mereka sudah lahir baru, tetapi kenyataannya Injil tidak berkata demikian.

Sangat Mungkin seseorang bisa berbahasa ROH, berdoa dalam ROH, menyembah dalam ROH, tetapi mereka yang berkata-kata didalam ROH, mereka tidak mengerti apa yang mereka katakan, karena ROH Bapa yang berdoa untuk mereka dengan doa-doa yang tidak terucapkan.

seperti dengan kesaksian ibu maria dimana dia tidak tau bahwa akan ada celaka, tetapi ROH Kudus tau, sehingga ROH itu mengerakan ibu maria berdoa dalam ROH dan ROH itu yang berkata-kata kepada Bapa bahwa akan ada bahaya celaka, karena manusia tidak memiliki Insting kalau akan ada bahaya.!

Sesuai dengan Kor 14:4 demikian lah bahasa ROH, untuk membangun dirinya sendiri, maka ROH itu yang akan mengucapkan doa-doa yang tidak dapat terucapkan / tidak pernah terpikirkan.

Bahasa ROH tidak dapat diajarkan, bahasa ROH hanya membangun mereka yang menerimanya, dan bahasa ROH bukanlah bahasa Sorga, bahasa ROH bahasa yang dipakai oleh ROH untuk meminta kepada Bapa dengan kata-kata yang tidak terucapkan atau tidak pernah ada didalam kamus bahasa manusia.

5.ROH Kudus mengajarkan HIKMAT dan KASIH.

Dasar Injil dari :

Luk. 10:21
Pada waktu itu juga bergembiralah Yesus dalam Roh Kudus dan berkata:
"Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu.”

Anda mungkin seorang yang pandai, bergelar pendidikan tinggi, tetapi ingat hikmat punya syarat khusus untuk diberikan, hikmat dengan ilmu pengetahuan itu pengertiannya terkadang terlalu sempit bahkan disama-samakan.

Tetapi ketahuilah Injil tidak pernah salah, dan apa yang dikatakan Injil itu semua dari Allah Bapa untuk dikatakan kepada anda dan saya melalui perantara para nabi, jadi berbahagialah buat orang-orang kecil karena anda mempunyai sesuatu hal yang tidak dimiliki orang lain, Terpujilah Tuhan karena Ia adil.

Roh Kudus yang mengajarkan anda bagaimana cara mengasihi Allah dan bagaimana cara melakukannya sesuai dengan :

Lukas 10:27
Jawab orang itu: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."

Lukas 10:28
Kata Yesus kepadanya: "Jawabmu itu benar; perbuatlah demikian, maka engkau akan hidup."

6. ROH Kudus memberikan Pengharapan.

Dasar Injilnya dari :

Yoh 15:1
"Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.

Yoh 15:2
Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.

Yoh 15:3
Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.

Yoh 15:4
Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.

Yoh 15:5
Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Ef. 4:4
satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu,
Rm. 5:5
Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

Kis. 24:15
Aku menaruh pengharapan kepada Allah, sama seperti mereka juga, bahwa akan ada kebangkitan semua orang mati, baik orang-orang yang benar maupun orang-orang yang tidak benar.

Pengharapan adalah bentuk kejadian yang belum pernah anda lihat, belum pernah anda rasakan dan belum pernah terbentuk gambarannya didalam pikiran anda. Itulah yang diharapkan oleh ROH untuk hidup anda. Kebebasan penuh tetap ditangan anda…

Inilah kebenarannya, Anda dan saya hidup dizaman ROH, dan ROH yang dikaruniakan untuk menyertai anda dan saya bukanlah ROH yang lemah, melainkan ROH yang berkuasa!..

Accept It? Or Leave It?
Choice One! not both!!!

Salam penulis,
Mydiary99088077.blogspot.com

0 Komentar:

Poskan Komentar